Fungsi UPS Komputer Leave a comment

Pengertian UPS, Fungsi UPS Dan Cara Kerja UPS

Pengertian UPS

UPS sangat berguna untuk melindungi perangkat elektronik dari mati listrik yang bisa terjadi kapan saja. Alat ini menampung energi listrik layaknya baterai dan kembali mengalirkannya, sehingga perangkat seperti komputer tidak mengalami kerusakan.

UPS singkatan dari (Uninterruptible Power Supply). UPS memiliki pengertian yaitu perangkat hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama (PLN) tidak berfungsi atau terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Didalam komponen UPS terdapat baterai yang menjadi sumber listrik utamanya, ketika listrik mengalir melalui perangkat UPS maka secara otomatis baterai ini akan terisi penuh.

Perangkat ini memiliki peran yang cukup penting sebagai listrik cadangan sementara dengan backup time yang sangat cepat, tetapi hanya mampu bertahan dalam beberapa menit saja. Dalam waktu yang cukup singkat, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data yang belum sempat tersimpan dan mematikan perangkat-perangkat elektronik secara normal, contohnya komputer agar tidak merusak pada komponen hardwarenya.

Fungsi Ups untuk Perangkat Elektronik

Sebagai penyedia daya listrik cadangan, bagian bagian ups memiliki fungsi/kegunaan yang sangat menguntungkan bagi para penggunannya. yaitu diantaranya:

  1. UPS melindungi peralatan elektronik dari kondisi arus listrik yang tidak stabil. Khususnya untuk daerah yang sering terjadi pemadaman sebaiknya menggunakan UPS ini agar usia penggunaan perangkat elektronik lebih tahan lama.
  2. Selanjutnya bagi kamu yang menggunakan sumber arus kurang stabil seperti genset atau diesel sebaiknya juga dilengkapi dengan UPS. Karena akan sangat berbahaya apabila arus tiba-tiba naik turun tanpa terkontrol.
  3. UPS mampu memberikan arus cadangan apabila tiba-tiba sumber arus mati mendadak. Maka peralatan elektronik bisa dimatikan secara perlahan dan tidak mati secara tiba-tiba karena akan membahayakan kondisi peralatan elektronik kita.
  4. Khusus untuk pengguna computer dan server, perangkat UPS sangatlah dibutuhkan. Karena UPS mempunyai fungsi back up yang membantu para pengguna computer dan server agar tidak kehilangan data-datanya.

Cara Kerja Alat UPS

Secara umum, cara kerja atau skema ups bisa dibilang cukup sederhana. Alat yang dipasang pada perangkat elektronik tersebut bekerja melalui kepekaan atau rangsangan arus listrik.

Apabila alat ups mendeteksi adanya gangguan arus listrik (daya naik turun tidak stabil), maka alat tersebut secara otomatis berpindah ke on battery mode.

Aliran arus listrik dari sumber utama dihentikan, dan diganti menggunakan listrik cadangan sampai arus listrik kembali normal. Begitu juga ketika ups mendeteksi adanya pemadaman listrik.

Dari penjabaran informasi diatas, bisa dibilang ups adalah salah satu alat yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Keberadaannya mampu mencegah kemungkinan hal-hal buruk yang berkaitan dengan arus listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this
Dapatkan Promo Terbatas (Pesan Via Whatsapp)
Call Now