Jenis-jenis Server Beserta Fungsinya yang Wajib Diketahui Leave a comment

Di era modern seperti sekarang ini, komputer mengalami banyak perubahan. mulai dari fungsi hingga bentuknya. salah satu fungsi dan kegunaan komputer adalah mempermudah kita mengolah data dan menampilkannya menjadi suatu informasi. Lalu data atau informasi ini di simpan dalam suatu wadah atau tempat yang bisa kita sebut sebagai data server. namun tahukah anda apa itu server? dan jenisnya?. Berikut Iantronik akan sedikit mengulas dan Menjelaskan tentang pengertian server, Jenis- jenis server dan fungsinya.

Pengertian Server

Server merupakan sistem dari komputer yang menyediakan layanan tertentu, membatasi serta mengontrol akses dalam jaringan komputer. Komputer yang berperan sebagai server biasanya akan menyediakan resource yang bisa dipakai oleh komputer lain yang bertindak sebagai klien. Untuk itu, anda harus mengetahui lebih detail mengenai jenis-jenis server.

Jenis-jenis Server Serta Fungsinya

Server harus didukung dengan adanya prosesor yang bersifat scalable. Selain itu, perlu dilengkapi dengan RAM besar dan sistem operasi khusus yang biasa disebut sistem operasi jaringan. Server kemudian akan menjalankan perangkat lunak administratif. Kontrol akses pada jaringan dan sumber daya di dalamnya juga akan dikendalikan server ini.

Komputer server harus mempunyai spesifikasi yang tinggi. Baik itu dari aspek software maupun hardware yang digunakan. Server mempunyai jenis yang berbeda-beda. Kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis server yang kebanyakan digunakan dalam sebuah jaringan.

1. Web Server

Jenis-jenis server yang pertama adalah web server. Perangkat lunak ini dipasang pada server yang berguna untuk menyediakan layanan permintaan data. Protocol yang digunakan adalah https atau http dengan browser. Cara kerja web server cukup sederhana. Respon akan dilakukan dengan mengirim konten kembali dalam bentuk tulisan, gambar atau bentuk lain. Kemudian browser akan menampilkannya.

2. Mail Server

Mail server mempunyai manfaat untuk melayani klien, terutama dalam hal mengirim surat. Surat akan disimpan dalam server mail tersebut. Layanan lain yang disediakan adalah web interface yang memudahkan para klien untuk mengorganisir atau menulis surat.

3. File Server

File server merupakan salah satu dari jenis-jenis server yang berfungsi untuk menampung sejumlah data yang dimiliki oleh klien yang bersangkutan. Kapasitas yang disediakan server ini bergantung pada HDD pada server.

4. Proxy Server

Proxy server berfungsi sebagai tempat penyimpanan riwayat akses halaman web. Selain itu, juga untuk security atau blocking situs tertentu. Karena teknik standar akses internet secara bersama oleh beberapa komputer sekaligus dalam jaringan LAN, perlu dilakukan via modem atau saluran komunikasi.

5. FTP Server

FTP server dapat dimanfaatkan untuk sharing file pada jaringan server yang support TCP atau IP. Fungsinya untuk sharing data, menyediakan tempat bagi user, memberikan layanan mdirect atau implicit remote PC serta menyediakan transfer data yang efisien dan reliable.

6. Game Server

Server ini digunakan untuk menghubungkan antar klien dengan yang lainnya. Game server dapat didirikan dari komputer klien yang bermain game.

7. Database Server

Jenis-jenis server yang selanjutnya adalah database server yang akan melayani klien bila memerlukan layanan untuk menyimpan database. Biasanya database server menggunakan port 3306 dan 5432.

8. Fax Server

Sesuai dengan namanya, fax server dipakai untuk melayani kebutuhan fax bagi para klien. Semua sistem penerimaan dan pengiriman fax akan melalui fax server ini. Terdapat kelengkapan modem yang mendukung fax server.

9. DNS Server

DNS server atau Domain Name System mempunyai fungsi untuk menerjemahkan informasi nama host atau domain supaya jadi alamat IP.

10. Server Aplikasi

Tugas dari server aplikasi adalah menyediakan sumber daya untuk bisa diproses komputer lain di jaringan. Kategori server aplikasi diantaranya adalah server-server yang dapat mengoperasikan perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk program tertentu. Misalnya saja, program yang mempunyai hubungan dengan fungsi penjualan, accounting dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis server perlu diketahui untuk menambah pengetahuan. Sehingga dapat menunjang kinerja dari sebuah komputer server yang membutuhkan sistem operasi khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this
Dapatkan Promo Terbatas (Pesan Via Whatsapp)
Call Now