Pengertian Stabilizer, Cara Kerja 4 Jenis Stabilizer listrik Leave a comment

Pernah mendengar apa itu Stabilizer? Pada umumnya stabilizer atau Automatic Voltage Regulator berfungsi sebagai penstabil tegangan listrik agar tetap normal. Tegangan yang stabil tentunya dapat membuat perangkat elektronik awet dan tidak cepat rusak. Perangkat rumah tangga, kantor bahkan peralatan industri seperti kulkas, chiller, komputer, peralatan laboratorium bahkan mesin CNC membutuhkan stabilizer agar voltage yang masuk ke perangkat tetap stabil.

Bayangkan kerugian yang terjadi akibat voltage listrik yang turun naik, fungsi dan kegunaan dari perangkat anda akan semakin cepat berkurang yang berujung dengan kerusakan Perangkat. Sangat di sayangkan bukan. Karena itu lindungi investasi anda dengan membeli stabilizer yang kami Jamin kualitasnya. Kami adalah distributor resmi Merk ICA dan MINAMOTO yang terpercaya lebih dari puluhan tahun.

Untuk mengenal lebih dekat apa saja jenis Stabilizer kami akan menguraikan dibawah, Berikut 4 jenis Stabilizer listrik dan Cara kerjanya:

1. Stabilizer Relay

Stabilizer jenis ini sering ditemukan dipasaran karena harga yg paling murah dari 4 Jenis satbilizer Stabilizer ini memakai relay unuk kinerja stabilizer. Pada umumnya relay ini di gunakan untuk menormalkan tegangan listrik yang naik turun. Relay sangat responsive terhadap tegangan listrik yang naik turun sehingga stabilizer relay ini bekerja dengan cepat.

Meskipun stabilizer relay ini bekerja dengan cepat akan tetapi ada sisi kelemahannya yaitu range kesetabilanya masih kurang baik hanya sekitar 5%, tidak itu saja stabilizer jenis ini tidak di lengkapi dengan filter  yang berfungsi menghindari gangguan arus listrik.

2. Stabilizer Servo Motor

Komponen utama didalam stabilizer ini merupakan gulungan Dinamo sebagai fungsi utama dalam stabilizer tersebut. Sehingga, ketika terjadi tegangan listrik yang naik / turun dari sumber listrik utama, gulungan motor bekerja menstabilkan listrik ke semula. Keunggulan dari stabilizer Servo ini yaitu selain harganya yang lumayan murah, jangkauan fluktuasi listrik dari stabilizer tipe ini cukup tinggi dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Akan tetapi kelemahan dari stabilizer tipe ini yaitu response time yang diperlukan untuk menstabilkan tegangan cukup lama, yaitu di kisaran 1-2 detik.

3. Stabilizer Digital Control

Stabilizer jenis ini bisa di dibilang lebih modern dari jenis sebelumnya karena bisa di katakan bahwa stabilizer ini merupakan perkembangan dari stabilizer relay, pasalnya stabilizer system digital control ini menggunakan system gabungan yaitu relay dan triac (sejenis transitor). Stabilizer ini dilengkapi dengan digital LED sehingga lebih cepat untuk mengetahui ouput voltage.

Bisa dibilang jenis stabilizer ini adalah yg paling moderni jika di bandingkan dengan jenis sebelumnya yaitu relay dan Stabilizer ini pun di lengkapi dengan filter yang dapat menghambat terjadinya gangguan- gangguan terhadap listrik.

4. Stablizer Ferro-Resonant/ Line Conditioner

Stabilizer Ferro Resonant/ Line Conditioner merupakan stabilizer dengan teknologi paling tinggi dari semua stabilizer. Dengan sistem kerja menggunakan capacitor dan isolation transformer, stabilizer tipe ini sangat handal dalam menangani permasalahan listrik, bukan hanya untuk tegangan listrik yang tidak stabil naik atau turun namun juga melindungi peralatan dari Surge, Sag, Spike serta Noise. Stabilizer tipe Ferro resonant ini memiliki response time tercepat. Umumnya dibawah 0,5 detik jika ada tegangan naik atau turun dari sumber listrik. Namun untuk stabilizer tipe Ferro resonant ini harganya terbilang cukup mahal. Harga stabilizer tipe ini bisa dua kali lipat dari harga stabilizer tipe servo motor . Akan tetapi harga yang diberikan sesuai dengan kualitas dan hasil dari stabilizer Ferro resonant ini. Umumnya stabilizer ini digunakan untuk mesin-mesin tertentu yang membutuhkan response regulating listrik yang cepat.

Pilihlah Jenis stabilizer sesuai yang anda butuhkan. Kesalahan penentuan penggunaan stabilizer dapat berakibat hasil yang dibutuhkan tidak sesuai, terlalu mahal, ataupun response time yang dibutuhkan tidak mencukupi. Kami menyankan Penggunaan Stabilizer untuk rumah baiknya menggunakan stabilizer tipe servo/motor untuk menghemat biaya. Namun, semua itu tergantung anda. Pintar-pintarlah dalam memilih dan memilah jenis stabilizer yang anda butuhkan. Jika ragu, segera hubungi vendor – vendor stabilizer / AVR kesayangan anda untuk berkonsultasi.

Kami Iantronik Indonesia sebagai Distributor Resmi untuk Brand ICA dan MINAMOTO siap mengatasi segala permasalahan tegangan listrik di tempat anda. Garansi product hingga 5 tahun Dan layanan After Sales menjadi jaminan kualitas bagi costumer kami. Segera hubungi PT IANTRONIK MULTI SOLUSI untuk mendapatkan Penawaran Menarik dan Bantuan Seputar Produk yang kami Jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this
Dapatkan Promo Terbatas (Pesan Via Whatsapp)
Call Now